page title icon Program Peningkatan Pelatihan Dan Produktivitas Tenaga Kerja Tahun 2019

Dinas Tenaga kerja Kota Sukabumi mengadakan pelatihan bagi calon tenaga kerja di bidang menjahit, tata Boga dan pemandu wisata pada hari Senin tanggal 15 Juli 2019 bertempat di Balai Latihan Kerja ( BLK ) Dinas Tenaga Kerja Jl .Merdeka Kota Sukabumi. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Drs.H.Didin Syarifudin M.Si.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Tenaga Kerja menjelaskan  bahwa kegiatan ini dikhususkan bagi calon tenaga kerja yang berasal dari Kota Sukabumi  dengan rentang usia 18 sampai dengan 30 tahun. Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 100 orang yang terbagi menjadi tiga kelompok yaitu 50 orang calon tenaga kerja bidang menjahit, 25 orang calon tenaga kerja bidang tata boga dan 25 orang  calon tenaga kerja bidang pariwisata.

Dijelaskan pula bahwa pelatihan bagi calon tenaga kerja ini dilaksanakan selama 1 bulan. Selama pelatihan para calon tenaga kerja akan diberikan keterampilan – keterampilan sesuai dengan bidangnya masing – masing. Diakhir pelatihan, para calon tenaga kerja juga akan mendapatkan sertifikat lulus pelatihan dari Dinas Tenaga Kerja.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menekan angka pengangguran di Kota Sukabumi karena para calon tenaga kerja ini seusai pelatihan akan disalurkan ke beberapa perusahaan yang membutuhkan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja, juga sempat menjelaskan mengenai Undang – undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Kepala Dinas Tenaga Kerja menegaskan bahwa tenaga kerja bisa mengadukan perusahaan ke Dinas Tenaga Kerja atau Kejaksaaan, bilamana menyalahi undang – undang tersebut contohnya dalam sistem kontrak tenaga kerja.

Pada pelatihan ini bertindak sebagai narasumber diantaranya tenaga ahli SMKN 3 Kota Sukabumi, Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi serta dari Perusahaan Otobus Sangkuriang.

Sumber: https://portal.sukabumikota.go.id

Halaman ini dikunjungi: 37 kali