page title icon PROSEDUR PELAYANAN SEKSI PENEMPATAN DINAS TENAGA KERJA KOTA SUKABUMI

Permohonan Kartu AK. 1/Kartu Kuning:

  1. Pemohon mendownload atau mengunduh aplikasi SISNAKER di Playstore bagi HP Android atau buka link karirhub.kemnaker.go.id untuk i-phone dan PC atau Laptop;
  2. Buat akun baru dan mengisi data pembuatan akun didalam aplikasi tersebut serta Lengkapi profil dari langkah pertama sampai langkah terakhir (7) kemudian simpan;
  3. Untuk pencetakan Kartu AK I/Kartu Kuning silahkan mendatangi Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi untuk verifikasi dengan melampirkan:
  4. Fc. KTP;
  5. Fc. Ijazah terakhir;
  6. Apabila proses verifikasi selesai dan data sudah masuk database dengan benar maka diterbitkan Kartu AK. 1.

Wajib Lapor Tenaga Kerja Asing (TKA) :

  1. Surat Permohonan dari Perusahaan disampaikan ke Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi;
  2. Pemohon/Perusahaan TKA melampirkan:
  3. Fc. SK Menteri Tenaga Kerja tentang Pemberian Izin Memperkerjakan TKA (IMTA)
  4. Fc. SK Rencana Penggunaan TKA (RPTKA);
  5. Fc. Paspor;
  6. Fc. Notifikasi Perintah Pembayaran;
  7. Fc. Tanda Lunas DPKK;
  8. Pas Foto Berwarna 4×6 (2 lbr)
  9. Apabila berkas permohonan lengkap, maka diterbitkan bukti lapor TKA Pendatang.

Rekomendasi Paspor Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) Mandiri ;

  1. Surat Permohonan disampaikan ke Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi;
  2. Pemohon menginput secara online melalui alamat website : siskotkln.bp2mi.go.id;
  3. Untuk Verifikasi data, pemohon melampirkan dokumen dibawah ini dan wajib membawa serta dokumen aslinya, yaitu :
  4. Fc. Kontrak Kerja antara Pemohon dengan Perusahaan yang sudah ada endorse atau legalisir KBRI di Negara yang dituju;
  5. Fc. KTP;
  6. Fc. Kartu Keluarga;
  7. Fc. Ijazah terakhir serta sertifikat keahlian;
  8. Fc. Surat Keterangan Hasil Medical Check Up;
  9. Fc. Bukti setor asuransi CPMI;
  10. Fc. Surat izin dari keluarga yang diketahui oleh Kelurahan setempat, untuk keperluan verifikasi keluarga yang mengizinkan ikut hadir di Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi.
  11. Apabila berkas permohonan lengkap maka diterbitkan Rekomendasi Paspor yang ditujukan ke Kantor Imigrasi.

Rekomendasi Paspor Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) Mandiri untuk Anak Buah Kapal (ABK);

  1. Surat Permohonan disampaikan ke Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi;
  2. Pemohon menginput secara online melalui alamat website : siskotkln.bp2mi.go.id;
  3. Untuk Verifikasi data, pemohon melampirkan dokumen dibawah ini dan wajib membawa serta dokumen aslinya, yaitu :
  4. Surat pernyataan dengan materai cukup yang menyatakan bahwa benar akan bekerja sebagai awak kapal di kapal berbendera asing, bagi awak kapal perseorangan harus mencantumkan nama agensi atau pemberi kerja di surat pernyataan;
  5. Fc. KTP;
  6. Fc. Kartu Keluarga;
  7. Fc. Basic Safety Training (BST);
  8. Fc. Buku Pelaut;
  9. Fc. Surat Keterangan Hasil Medical Check Up;
  10. Fc. Bukti setor asuransi CPMI;
  11. Fc. Surat izin dari keluarga yang diketahui oleh Kelurahan setempat, untuk keperluan verifikasi keluarga yang mengizinkan ikut hadir di Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi.
  12. Apabila berkas permohonan lengkap maka diterbitkan Rekomendasi Paspor yang ditujukan ke Kantor Imigrasi.

Rekomendasi Paspor Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) melalui Skema Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) ;

  1. Surat Permohonan dari P3MI disampaikan ke Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi;
  2. Pemohon/P3MI menginput secara online melalui alamat website : siskotkln.bp2mi.go.id;
  3. Untuk Verifikasi data, pemohon melampirkan dokumen dibawah ini dan wajib membawa serta dokumen aslinya, yaitu :
  4. Surat Tugas Petugas P3MI yang masih berlaku beserta fc KTP Petugas P3MI;
  5. Fc. KTP;
  6. Fc. Kartu Keluarga;
  7. Fc. Perjanjian Penempatan antara P3MI dengan CPMI;
  8. Fc. Ijazah terakhir serta sertifikat keahlian;
  9. Fc. Surat izin dari keluarga yang diketahui oleh Kelurahan setempat, untuk keperluan verifikasi keluarga yang mengizinkan ikut hadir di Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi.
  10. Apabila berkas permohonan lengkap maka diterbitkan Berita Acara Seleksi CPMI beserta Kartu Identitas CPMI dan Rekomendasi Paspor yang ditujukan ke Kantor Imigrasi.

Surat Tanda Daftar Bursa Kerja Khusus (BKK) :

  1. Surat Permohonan dari Sekolah disampaikan ke Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi dengan tembusan ke Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat;
  2. Pemohon/Sekolah melampirkan:
  3. Surat Izin Operasional Sekolah
  4. Rencana Penempatan Tenaga Kerja (RPTK) untuk tahun yang akan datang (bagi Sekolah yang sudah bekerjasama dengan Perusahaan dalam hal penempatan)
  5. Pas Foto Penanggung Jawab/Kepala Sekolah Berwarna 4×6 (2 lbr)
  6. Apabila berkas permohonan lengkap, maka diterbitkan Surat Tanda Daftar Bursa Kerja Khusus.

Halaman ini dikunjungi: 123 kali